www.radiomapanmandiri.com

Radio Mapan Mandiri Adalah Radio Publik Pemerintah Daerah Kepulauan Selayar.

WEBSITE KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR

Kabupaten Kepulauan Selayar adalah sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas sebesar 10.503,69 km² (wilayah daratan dan lautan) dan berpenduduk sebanyak ±134.000 jiwa......

www.radiomapanmandiri.com

Radio Publik Pemerintah Daerah Kepulauan Selayar

www.radiomapanmandiri.com

Radio Publik Pemerintah Daerah Kepulauan Selayar.

PASANG BANNER IKLAN ANDA DISINI

Anda Ingi Banner Iklan Anda Ditayangkan Disini? Silahkan Hubungi Kami Sekarang Juga. Ukuran Banner 920 X 300 Pixel

Selasa, 30 April 2013

Kapolres Duduk Bersama Dengan Komunitas Petani Rumput Laut Desa Majapahit

Kapolres Kepulauan Selayar AKBP M. Hidayat SH.SIK.MH akan memberikan jaminan keamanan kepada para komunitas petani rumput laut Desa majapahit Kecamatan Pasimarannu. Hal ini di ungkapkan M. Hidayat sewaktu duduk bersama dengan petani rumput laut Desa Majapahit belum lama ini.
Dari keterangan Ketua Komunitas Petani Rumput Laut Desa Majapahit Abu Sofyan dikatakan bahwa sudah 3 tahun terakhir tanaman rumput laut di Desa ini mengalami kerusakan, bahkan tidak sedikit dari kelompoknya mengalami gagal panen. Terjadinya kerusakan selain faktor cuaca juga di tengarai akibat terjadinya pembiusan disekitar perairan laut Desa Majapahit.
"tanaman rumput laut kami pak tiba-tiba berubah warna jadi putih, bahkan gugur dari bentangan pembibitan. Biasanya kalau seperti ini akibat ulah dari para pelaku illegal fishing khususnya pembius. Jadi kami minta kepada aparat supaya secepatnya memberantas para pembius itu," terang Abu Sofyan.
Menyikapi hal ini AKBP M. Hidayat SH.SIK.MH mengatakan sejak ia bertugas di Kabupaten Kepulauan Selayar  telah berkomitmen untuk memberantas pelaku illegal fishing. Apalagi dalam visinya ia bersama jajarannya akan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat Kepulauan Selayar. Bahkan salah satu misinya telah tertuang bahwa saatnya bertindak mewujudkan keselamatan lingkungan.
"siapapun yang coba-coba melakukan pemboman dan pembiusan akan kami tangkap. Kapolres tidak kemana-mana tapi ada di mana-mana," tegas M. Hidayat.
Ditambahkan untuk menciptakan keamanan bukan semata-mata tugas dari Kepolisian, tapi masyarakat juga harus menciptakan kerukunan. Tanpa keamanan kita tidak bisa berbuat apa-apa," kata M. Hidayat.
Sementara Kadis Kelautan dan Perikanan DR. Ir. Mardjani Sultan, M.Si, yang turut hadir mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjadikan pelaku illegal fishing sebagai musuh bersama. Selain itu hadir juga Kepala Balai Taman Nasional Taka Bonerate Ir. Noel Layuk Allo, MM

Sekretaris Kabupaten Kepulauan Selayar Buka Porseni Antar Pelajar

Sebagai institusi pendidikan yang  menyelenggarakan kegiatan akademis, sekolah juga melangsungkan kegiatan nonakademis melalui penataan program dan pembukaan kesempatan yang seluas-luasnya bagi pelajar untuk berkreasi, berprestasi dalam bidang olahraga dan seni. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Kabupaten , Dr. H. Zainuddin, SH., MH saat membuka Pekan Olahraga dan Seni SD/MI, SLTP, dan SLTA tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar  Tahun 2013, Senin(29/4).
 Di hadapan pelajar   dari berbagai sekolah di Kabupaten Kepulauan Selayar  yang membanjiri lapangan Pemuda Benteng, Sekkab menekankan pentingnya pembinaan olahraga dan seni dalam kaitannya dengan peningkatan prestasi generasi muda.
 "Pembangunan bidang olahraga dan seni identik dengan membangun generasi muda. Keduanya ibarat dua sisi mata uang. Prestasi di bidang olahraga dan seni dapat menjadi cermin keberhasilan pembinaan generasi muda. Karena itu pembinaan dan pengembangan keduanya hendaknya dilakukan sinergi, terpadu, dan kolaboratif." Pinta Sekkab.
 Kepada penyelenggara dan peserta Porseni Dr. Zainuddin mengharapkan tetap menjunjung tinggi semangat kebersamaan dan sportivitas sehingga Porseni yang akan dilaksanakan ini dapat mencapai hasil maksimal. Segenap masyarakat juga dihimbau turut aktif berpartisipasi dengan menjadikan diri sebagai bagian dari solusi terhadap setiap potensi masalah yang mungkin terjadi.
Sementara itu Kepala bidang Olahraga dan Pembinaan Prestasi Diknas Kabupaten Kepulauan Selayar, H. Baso Daeng sebagai panitia pelaksana mengatakan  Porseni  yang dilaksanakan akan mempertandingkan cabang olahraga sepak bola, bola volley, dan sepak takraw sedangkan seni yang diperlombakan meliputi vocal group, nyanyi solo, dan baca tulis Alk Qur'an. 

Pembukaan ditandai dengan penabuhan gendang oleh Sekkab Dr. H. Zainuddin, SH,MH.  (immank)

Bayi Kembar Tiga Lahir di Atas Kapal Putra Palla’e

Seorang Ibu Rumah Tangga Andi Cuda (32 tahun) warga Desa Batang Kecamatan Taka Bonerate Kepulauan Selayar melahirkan bayi kembar tiga di atas perahu KM Putra Palla'e, Ahad (28/4) sekitar pukul 19.30 wita. Proses persalinan dibantu oleh tenaga medis dari Puskesmas Desa batang.
Awalnya proses persalinan Andi Cuda akan dilakukan di Puskesmas setempat. Karena diragukan terjadi kegagalan, maka dirujuk ke RS Umum KH. Hayyung Kabupaten Kepulauan Selayar. Belum sempat sampai di Rumah Sakit sang bayi keburu lahir di atas Kapal Motor Putra Palla'e dalam proses perjalannya dari Kecamatan Taka Bonerate menuju Benteng Selayar.
Menurut keterangan dari tenaga medis Puskesmas Desa Batang, proses persalinannya berjalan lancar. Namun berselang beberapa menit kemudian salah satu dari bayi kembar 3 ini tidak berhasil diselamatkan. Ibu dari ketiga bayi kembar tersebut  sementara di rawat di Rumah Sakit Umum KH. Hayyung Selayar.
Dari pantauan Radar Selatan kondisi ibu dari bayi kembar itu terpantau sehat dan 2 bayi kembarnya yang berhasil diselamatkan masih di inkubasi (inkubator) untuk menjaga keselamatan bayi.
Peristiwa langkah ini sempat menjadi perhatian warga dan media. Hal terlihat dengan adanya sejumlah warga dan wartawan yang bertandang ke RS Umum KH. Hayyung untuk melihat kondisi bayi. (immank) 

Senin, 29 April 2013

Kunker Wabup di Kecamatan Kepulauan Padat Dengan Berbagai Kegiatan

Kunjungan kerja Wakil Bupati Kepulauan Selayar H. Saiful Arif, SH pada dua Kecamatan Kepulauan berlangsung selama 6 hari diawali dari Kecamatan Pasimarannu. Wakil Bupati bersama rombongan yang bertolak dari Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Selayar melalui pelabuhan Rauf Rahman Benteng 23 April lalu pukul 16.00 wita menggunakan perahu joloro KLM Cahaya Cemerlang Jampea.
Dalam kunker kali ini Wabup didampingi oleh beberapa pimpinan dan perwakilan SKPD terkait seperti Kadis Dukcapil Abidin Gandi, SE Kadis Kelautan dan Perikanan DR. Ir. Mardjani Sultan, M.Si, Kapolres Kepulauan Selayar AKBP M. Hidayat SH.SIK.MH, Kepala Balai Taman Nasional Taka Bonerate Ir. Noel Layuk Allo, MM serta unsur dari Pengadilan Negeri Selayar.
Perahu joloro yang ditumpangi Wabup bersama rombongan menempuh perjalanan selama 13 jam yang merapat di Pelabuhan Pasimarannu tepat pukul 05.00 Wita (24/4) dini hari. Camat Pasimarannu Andi Abdurrahman, SE. M.si bersama jajarannya menerima langsung kedatangan Wabup dan rombongan di pelabuhan Pelabuhan Pasimarannu dan menggiring rombongan ke Rumah Jabatan Camat.
Usai istirahat, tepat pukul 08.00 wita Wakil Bupati H. Saiful Arif melakukan pemantauan Ujian Nasional (UN)  di SMPN 1 Pasimarannu, SMPN 2 Pasimarannu dan SMPN 3 Pasimarannu. Peserta UN di SMPN 1 Pasimarannu terdaftar 95 orang siswa namun yang hadir hanya 91 siswa. Untuk SMPN 2 Pasimarannu terdaftar 48 siswa namun yang hadir hanyar 47 siswa, sedangkan untuk SMPN 3 Pasimarannu dengan jumlah siswa 11 orang dinyatakan hadir semua. Umumnya pelaksanaan UN pada ketiga sekolah tersebut berjalan lancar dan sukses.
Sejumlah fasilitas pemerintah di Kecamatan Pasimarannu tidak luput dari pantauan Wakil Bupati, seperti UPTD Puskesmas Pasimarannu.
Selain itu Wabup juga memantau jalannya pelayanan persidangan akta pencatatan sipil oleh pengadilan negeri selayar bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kepulauan Selayar yang berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Pasimarannu. Kegiatan akta pencatatan sipil ini juga berlanjut melakukan pelayanan di Kecamatan Pasilambena dan Kecamatan Taka Bonerate.
Di tempat yang sama Wakil Bupati H. Saiful Arif juga, juga membuka pelaksanaan orientasi peningkatan peningkatan kapasitas PPKBD dan Sub PPKBD yang merupakan syarat mutlak menyukseskan program KB. Usai kegiatan ini Wabup bertolak ke Kantor Desa Majapahit untuk membuka resmi pelaksanaan sosialisasi penyusunan peta jalan/rencana kerja sebagai upaya pencapaian desa mandiri.
Sementara upaya peninjauan ke lokasi persawahan di Desa Komba-Komba batal dilaksanakan karena terkendala cuaca buruk dan air surut. Untuk mencapai Desa ini akan menempuh perjalan kurang lebih 2 jam dengan penggunakan perahu joloro dari ibu kota Kecamatan Pasimarannu. Rencana peninjauan lokasi ini akan dijadwalkan kemudian.
Kendati kegiatan Wabup H. Saiful Arif cukup padat, namun ia menyempatkan waktunya untuk bertemu dengan masyarakat Desa Bonea Kecamatan Pasimarannu. Kedatangan Wabup sudah cukup lama di nanti-nantikan oleh masyarakat, karena dengan kehadirannya, masyarakat bisa menyampaikan langsung segala permasalahan yang terjadi di Desa tersebut.
"kami sudah lama merindukan kehadiran Pak Wakil Bupati di desa kami, supaya ia dapat melihat langsung kondisi desa ini. Warga pun bisa berkomunikasi langsung dan menyampaikan segala permasalahan dan kendala yang terjadi di desa Bonea ini, termasuk desa-desa tetangga yang berada disekitar desa Bonea,"terang salah seorang warga Desa Bonea.
Sebagai upaya untuk menyerap aspirasi dan masukan dari masyarakat, Wabup bersama Kapolres melakukan ramah tamah dan tatap muka serta berdialog langsung dengan masyarakat Kecamatan Pasimarannu. Hal yang sama juga dilakukan di Kecamatan Taka Bonerate.
Di Kecamatan Taka Bonerate Wakil Bupati H. Saiful Arif juga bertandang ke Yayasan Pesantren Arinal Haq. Menurut keterangan dari Ketua yayasan Nur Alim Syartaib jumlah santri sampai saat ini masih berjumlah 10 orang. Dikatakan anak-anak santri tersebut adalah merupakan anak-anak jalanan yang dipungut untuk dibina dan dididik dengan pengetahuan-pengetahuan keagamaan. (immank)

Senin, 22 April 2013

Pemkab Kepulauan Selayar Gelar Upacara Peringatan HUT Kartini

Peringatan HUT ke-134 Hari Kartini di Kabupaten Kepulauan Selayar dilakukan dengan menggelar Upacara di halaman kantor Bupati, Senin (22/4) pagi. Peserta upacara dari berbagai instansi tampak khidmat mengikuti jalannya upacara tersebut. Bertindak sebagai Inspektur upacara adalah Wabup Kepulauan Selayar H. Saiful Arif, SH serta di hadiri dari Unsur forum koordinasi pimpinan daerah dan para pimpinan SKPD.
Wakil Bupati mengatakan kegiatan seperti ini sangatlah penting dalam rangka mengenang kembali jasa-jasa Ibu Kartini selaku pelopor kebangkitan kaum wanita Indonesia. Perjuangannya dalam mensejajarkan harkat dan martabat serta kedudukan perempuan patut menjadi contoh dan motivasi bagi kaum perempuan saat ini.
"Kartini adalah seorang perempuan yang memiliki cita-cita luhur bagi perjuangan kaum wanita Indonesia," terang Saiful Arif.
Ia juga menyebutkan atas perjuangan R.A Kartini, perempuan-perempuan Indonesia sudah semakin maju dan hebat, bukan hanya sebagai ibu rumah tangga tetapi juga berpartisipasi dalam memberi warna kehidupan masyarakat dengan berbagai kegiatan-kegiatan sosial. Selain itu wanita juga sudah mampu bersaing dengan kaum laki-laki dengan menempati posisi strategis. Dijajaran eksekutif dan legislatif termasuk sektor swasta peran perempuan tidak kalah dengan kaum laki-laki.
Dalam kaitannya dengan pembangunan di Kabupaten Kepulauan Selayar, banyak program pembangunan yang harus menjadi fokus dan membutuhkan partisipasi kaum perempuan. Bahkan kaum perempuan menjadi salah satu motor penggerak, diantaranya upaya untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak.
Harapan Wakil Bupati melalui peringatan HUT Kartini tahun ini, supaya kaum perempuan dapat mengambil contoh perjuangan Ibu Kartini. Hal ini dimaksudkan agar dapat menjadi motivasi dan inspirasi demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kepulauan Selayar.

Sabtu, 20 April 2013

Wakil Bupati Kepulauan Selayar Akan Kunker Di Kecamatan Kepulauan

Rencananya pekan depan Wakil Bupati Kepulauan Selayar H. Saiful Arif, SH akan melakukan kunjungan kerja ke wilayah kecamatan kepulauan. Berdasarkan surat Wakil Bupati nomor 172/86/IV/2013/umum, kunjungan kerja Wakil Bupati akan berlangsung selama 6 hari dari tanggal 23 hingga 28 April 2013.
Dua Kecamatan di Kepulauan yakni Kecamatan Pasimarannu dan Kecamatan Taka Bonerate akan menjadi sasaran kunjungan Wakil Bupati. Sejumlah agenda kegiatan yang telah dijadwalkan diantaranya monitoring proyek-proyek fisik dan pembinaan pemerintahan kecamatan dan desa serta ramah tamah.
Selain agenda tersebut, sejumlah kegiatan tambahan memungkinkan akan menambah padatnya kegiatan Wakil Bupati H. Saiful Arif. Bila memungkinkan, kegiatan tersebut akan dikomunikasikan langsung oleh camat setempat kepada Wakil Bupati. Demikian dikatakan oleh ajudan Wakil Bupati Haidir ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Sabtu (20/4) siang.
Sementara rombongan yang ikut berjumlah 52 orang, perwakilan dari masing-masing instansi terkait. Karena dalam kunjungan kerja kali ini sejumlah kegiatan lainnya pun sudah dijadwalkan seperti pelayanan akta kelahiran dan pembinaan adminstrasi akta nikah, sosialisasi budidaya dan pengembangan tanaman singkong, serta tindak lanjut LHP, pembinaan dan pengembangan tanaman pangan dan kehutanan serta pemantauan proses belajar mengajar.
Berdasarkan jadwal yang ada, rombongan Wakil Bupati akan tiba di Kecamatan Pasimarannu pada hari Rabu (24/4) pagi. Dari Kecamatan Pasimarannu akan bertolak ke Kecamatan Taka Bonerate, dan rencananya tiba di Kecamatan ini pada hari Jum'at (26/4) pagi. Sementara rombongan lainnya dari Kecamatan Pasimarannu akan bertolak ke Kecamatan Pasilambena.

Pemkab Kepulauan Selayar Peringati HUT Ke-51 Satlinmas

Hari Ulang Tahun ke-51 Satuan Perlindungan Masyarakat tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar diperingati secara sederhana, dengan menggelar upacara gabungan antara aparat pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, TNI, Polri dan siswa sekolah di halaman Kantor Bupati, Jum'at (19/4) pagi. Kendati mendung  mewarnai jalannya upacara tersebut, namun pelaksanaannya berjalan lancar dan sukses.
Bertindak sebagai Inspektur upacara adalah Wakil Bupati Kepulauan Selayar H. Saiful Arif, SH. Peringatan HUT ke-51 Satuan Linmas mengusung tema "satuan perlindungan masyarakat konsisten menjaga citra dan wibawa pemerintah daerah melalui tugas pokok dan fungsi".
Sambutan Wakil Bupati H. Saiful Arif menegaskan citra dan wibawa pemerintah daerah merupakan tanggungjawab seluruh aparat pemerintah daerah. Agar tidak menjadi berat dalam pelaksanaannya maka tugas-tugas harus dilaksanakan sesuai dengan tupoksi masing-masing yang telah ditetapkan.
Berkaitan dengan Permendagri Nomor 10 Tahun 2009, Saiful Arif mengatakan tugas Satlinmas adalah mendukung penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan penyelenggaraan pemilihan umum. Anggota Linmas diharapkan bekerja keras untuk melaksanakan tugas pengamanan TPS, menjaga kotak suara dan mengirimkan ke tingkat Desa/Kelurahan dan Kecamatan.
Ia juga mengatakan dalam hal membantu memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, maka Satlinmas menjadi pendukung utama pihak kepolisian bahkan menjadi garda terdepan dalam tata kehidupan masyarakat secara umum baik di Desa ataupun Perkotaan. Dikatakan saat ini kita sedang menghadapi teror yang lebih dasyat dari perang antar negara. Perang dimaksud adalah memerangi Narkoba, judi, miras dan penyakit yang merajalela lainnya seperti illegal logging dan illegal fishing. Terkait dengan itu maka konsepsi perlindungan masyarakat harus diperluas, tidak hanya dipundak TNI dan Polri, tetapi menjadi tanggung jawab bersama serta tanggung jawab seluruh masyarakat.

Kamis, 18 April 2013

Bupati Tinjau Pelaksanaan UN Di Kabupaten Kepulauan Selayar

Bupati Kepulauan Selayar H. Syahrir Wahab yang didampingi Wakil Bupati H. Saiful Arif melakukan peninjauan ke sejumlah sekolah untuk menyaksikan langsung proses pelaksanaan ujian nasional pada hari Kamis, 18 April 2013. Peninjauan UN yang dilakukan Bupati dan Wakil Bupati tersebut juga diikuti Wakapolres Kepulauan Selayar, Kompol Rahmat Hidayat dan  sejumlah pejabat eselon III lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Selayar.
Sekolah pertama yang didatangi Bupati dan Wakil Bupati adalah Madrasah Aliyah Negeri Bontoharu kemudian bertolak ke SMU Muhammadiyah Benteng selanjutnya menuju SMA Negeri I Benteng. Usai melihat kesiapan pelaksanaan UN di sejumlah sekolah di Kecamatan Benteng, rombongan Bupati meneruskan peninjauan ke SMA Negeri I Bontomatene di Kecamatan Bontomatene.
Dari hasil pantauan di lapangan, proses penyelenggaraan Ujian Nasional di Kabupaten Kepulauan Selayar berjalan lancar. Sejumlah petugas keamanan dan Tim Pengawas Independen (TPI) tersebar di setiap sekolah untuk mengawasi pelaksanaan UN agar berjalan jujur dan tertib.
Bupati mengharapkan pelaksanaan UN tahun ini di Kepulauan Selayar lebih baik dari tahun sebelumnya dengan tingkat kelulusan siswa dapat mencapai 100 %. Kunjungan Bupati ke sejumlah sekolah tersebut juga dimanfaatkan para guru untuk menyampaikan harapan-harapannya untuk peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Kepulauan Selayar agar ke depan semakin maju dan berkualitas. 

Wakil Bupati: Ingat Tiga Kata Kunci, Pengabdian, Kerakyatan Dan Keikhlasan

Setelah dua bulan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Veteran Republik Indonesia (UVRI) Makassar melakukan KKN dan KKLP di delapan desa Se Kecamatan Bontomate'ne, akhirnya Rabu, 17 April 2013 resmi dilepas Wakil Bupati Kepulauan Selayar, H. Saiful Arif penarikan tersebut berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Kepulauan Selayar dihadiri Dekan I beserta Dosen Pembimbing FKIP UVRI, Camat Bontomate'ne, sejumlah Kepala Desa se_Kecamatan Bontomate'ne, serta peserta KKN/KKLP.
Dekan I FKIP UVRI, Drs. Musta'in Tahir, M.Pd melaporkan pihaknya berterimakasih kepada pemerintah Kabupaten kepulauan Selayar beserta jajarannya, karena menerima mahasiswa KKN/KKLP UVRI Makassar. Musta'in Tahir juga bangga Kepada 88 mahasiswa UVRI Mkassar yang melakukan KKN/KKLP di Kepulauan Selayar, yang mengabdi tanpa membebani Pemkab Kepulauan Selayar dan sedikit banyak membantu pemerintah dalam pelaksanaan program pembangunan menuju masyarakat selayar yang maju, sejahtera dan religius.
Senada dengan Dekan  I FKIP UVRI, Wakil Bupati kepulauan Selayar menyambut baik pelaksanaan KKN di wilayah Kepulauan Selayar. Tugas Utama seorang mahasiswa, kata H. Saiful Arif yakni mengabdi, dengan tiga kata kunci; pengabdian, kerakyatan dan keikhlasan. Oleh karena itu setiap mahasiswa harus menyiapkan diri mengabdi kepada masyarakat, terutama dalam  pemberdayaan percepatan peningkatan kualitas Sumber Daya manusia (SDM). Salah satu masalah pembangunan yang masih banyak terjadi di beberapa wilayah yakni masalah Index Pembangunan Manusia (IPM) yang masih rendah.
Rangkaian acara penarikan Mahasiswa KKN FKIP UVRI yakni penyerahan tanda terimakasih dari UVRI ke Pemerintah Kabupaten kepulauan Selayar, penyerahan Plakat dari Pemerintah kepada pihak UVRI, penyerahan Plakat dari UVRI kepada Camat Bontomate'ne serta penyerahan hadiah kepada siswa siswi pemenang Lomba Cerdas Cermat Tingkat Sekolah Dasar se Kecamatan Bontomate'ne yang diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Kepulauan Selayar.
 

Rabu, 17 April 2013

Pembangunan Gedung PGRI Ditandai Dengan Peletakan Batu Pertama

Pembangunan gedung PGRI Kabupaten Kepulauan Selayar dimulai ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Kepulauan Selayar H. Syahrir Wahab, MM bersama forum koordinasi pimpinan daerah, di Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Benteng Kecamatan Benteng, Rabu (17/4) pagi. Pembangunannya diperkirakan akan menelan biaya Rp.  1.624.350.000
Dibangunnya gedung PGRI berawal dari gagasan seluruh anggota PGRI yang sudah direncanakan sejak tahun 2004 lalu. Perencanaan awal gedung ini akan dibangun di Bonea Kelurahan Benteng Utara, namun karena waktu itu SMKN 1 Benteng memerlukan lahan untuk pengembangan gedung, maka akhirnya lokasi tersebut diserahkan setelah melalui diskusi dengan para pengurus PGRI. Sebagai gantinya maka pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar memberikan lahan yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman. Demikian dikatakan oleh Ketua PGRI Kepulauan Selayar Drs. Gazali, MM. Pd.
Bupati Syahrir Wahab menyambut baik adanya rencana pengurus PGRI membangun gedung PGRI yang dituangkan dalam keputusan rapat dengan para kepala sekolah, kepala UPTTK-SD, pengawas dan pengurus PGRI. Dengan melihat potensi dan kekuatan guru yang di Selayar, maka pembangunan gedung ini dapat dilaksanakan. Terkait dengan itu maka ia meminta kepada Ketua PGRI Selayar agar gedung ini bisa selesai dan diresmikan tepat hari jadi Selayar bulan November mendatang.
Selain itu Bupati juga mengatakan, sebagai organisasi profesi yang besar, dapat meningkatkan peran dan fungsinya jika ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai. Hal dimaksud adalah gedung perkantoran yang bisa ditempati oleh segenap pengurus untuk berkonsentrasi memikirkan, merencanakan dan melaksanakan program-program PGRI Kabupaten Kepulauan Selayar. (immank)

KNPI Buka Pelatihan Pemuda Pelopor

Bupati Kepulauan Selayar H. Syahrir Wahab, MM membuka pelatihan Pemuda Pelopor di Rayhan Cafe dan Resto, Rabu (17/4) pagi. Acara ini diselenggarakan oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kepulauan Selayar bekerjasama dengan Bapemdeskel Kepulauan Selayar.
Pada kesempatan tersebut, Syahrir Wahab mengatakan kegiatan seperti ini sangatlah penting, terutama dalam kondisi daerah, bangsa, dan negara masih dilanda berbagai permasalahan yang memerlukan penanganan secara serius dari seluruh komponen masyarakat. Generasi muda diharapkan tampil terdepan dan bersama komponen lainnya bersatu turun ke lapangan mengatasi berbagai permasalahan.
Terkait dengan itu maka semangat kepeloporan pemuda sangat diperlukan. Kepeloporan itu harus benar-benar diaplikasikan kepada hal-hal yang menyentuh kepentingan masyarakat. Karena itu semangat kepeloporan perlu dibarengi dengan dedikasi yang tinggi, kata Syahrir Wahab.
Bupati Syahrir wahab juga memberikan apresiasi kepada segenap pengurus KNPI Kepulauan Selayar, karena telah berusaha semaksimal mungkin mengerahkan segenap tenaga, waktu dan pikiran untuk mensukseskan kegiatan tersebut.
Sementara harapan dari Ketua DPD KNPI Kepulauan Selayar Aji Sumarno, S. STP. MM supaya kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar yang rencana dihelat dari Tanggal 17 hingga 20 April mendatang. Hal ini dimaksudkan agar para pemuda mendapatkan pembekalan positif sebagai pelopor dalam bidang pembangunan sosial kemasyarakatan.
Selain Bupati dan Ketua DPD KNPI hadir juga Kapolres Selayar AKBP M hidayat B, SH.SIK.MH, Kajari Selayar serta para peserta dari perwakilan semua desa yang ada di Kabupaten kepulauan Selayar. (immank)

Senin, 15 April 2013

Caleg Sementara DPRD Kepulauan Selayar Ramai-Ramai Ikuti Psikotes

Ratusan  Calon Anggota Legislatif sementara   yang akan mengikuti Pemilu legislatif DPRD Kabupaten Kepulauan Selayar Tahun 2014 ramai-ramai menjalani tes kepribadian yang diselenggarakan pihak RSUD KH. Hayyung Kepulauan Selayar di Ruang Pola Kantor Bupati, Senin (15/4). Pemeriksaan yang dikenal MMPI (Minnesota Multiphasic Personality Inventory)  ini merupakan tes yang secara akurat dan obyektif memberikan gambaran dimensi kepribadian juga  untuk memprediksi pola prilaku atau kecenderungan prilaku yang beresiko, hubungan antara personal, problem kerja, potensi bekerja dan adanya problem atau gangguan mental.
Para caleg sementara yang berasal dari 12 partai politik ini  selanjutnya peserta diberi kesempatan untuk  mengisi lembaran-lembaran pertanyaan yang diberikan panitia pelaksana. Tampak di antaranya Ny. Hj. Norma Syahrir Caleg sementara dari Partai Golkar Daerah Pemilihan II, Ir. Arifin Dg Marola  Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Kepulauan Selayar yang beberapa hari ke depan akan purna bakti juga ikut menjalani psikotes. Beberapa Kepala Desa yang masih aktif juga ikut tes kepribadian, seperti Kepala Desa Bungaiya Andi Hidayati, Kepala Desa Bontona Saluk Andi Ahmad Patta, Kepala Desa Mare-Mare Andi Julia Cahaya.
Andi Mappoleyang,salah seorang Bacaleg dari PBB, ketika dimintai pendapatnya mengenai pelaksanaan tes kepribadian tersebut mengatakan sehat mental merupakan persyaratan yang mesti dipenuhi oleh seorang caleg di samping sehat secara pisik tentunya. Karena itu, harap alumnus teknik elektro UMI ini para anggota legislatif yang terpilih nanti adalah mereka yang benar-benar sehat pisik maupun mental untuk mengemban amanat yang dibebankan masyarakat kepadanya.  

Andi Nur Fitrahwati Gunar Dan Andi Rifai Jawara Dara Daeng Selayar 2013

Pemilihan Dara dan Daeng tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar kembali di gelar di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Kepulauan Selayar 12 hingga 13 April 2013. Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kepulauan Selayar dan KSW Comunity diikuti oleh 42 peserta putra putri Selayar. Sementara sebagai sponsorship seperti Telkomsel, Selayar Heavenly Park, Sampan Induk, Bintang Management, serta DJ Landry Express turut berpartisipasi mendukung suksesnya kegiatan tersebut.
Kepala Bidang Nilai Budaya, Seni dan Film Dra. Hj. A. Nur Asiah, MH dari Dinas Budpar Selayar dalam laporannya mengatakan kegiatan ini sebagai wujud untuk melestarikan budaya dan pariwisata di yang ada di Kabupaten Kepulauan Selayar. Selain itu juga untuk memotivasi para generasi muda dalam mengembangkan diri dalam kegiatan Positif.
 Terkait dengan itu ia mengharapkan agar kepada peserta yang terpilih mewakili Selayar ke Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan agar bisa mempromosikan nilai-nilai keanekaragaman budaya dan wisata yang di Kabupaten Kepulauan Selayar. Hal ini dimaksudkan agar jumlah wisatawan yang berkunjung ke daerah ini setiap tahunnya semakin bertambah.
"saya berharap agar peserta yang terbaik yang akan mewakili Selayar nanti bisa promosikan di level provinsi Sulawesi Selatan tentang budaya dan tempat-tempat wisata yang di daerah ini," terang Hj. A. Nur Asiah.
Final pemilihan Dara dan Daeng yang berlangsung pada Sabtu, (13/4) malam ini akhirnya Andi Nur Fitrahwati Gunar dan Andi Rifai berhasil membawa pulang gelar mereka sebagai Dara dan Daeng Tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar Tahun 2013. Andi Nur Fitrahwati Gunar yang meraih juara 1 Dara ini asal Kecamatan Benteng. Andi Rifai sendiri sebagai jawara Daeng, adalah finalis yang berasal Kecamatan Bontomatene.
Pada kesempatan tersebut hadir Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kepulauan Selayar, Hj. Norma Syahrir Wahab bersama segenap jajarannya, Kepala Dinas Pendidikan Nasional, H. Patta Bone, SIP. MH bersama Sekretaris Diknas Drs. Mustakim, dan Kepala Bidang Pendidikan Non Formal Dinas Pendidikan Nasional Drs. Rusdy Syamsul. Sementara unsur Musyawarah Pimpinan Daerah tampak diwakili Wakapolres Kepulauan Selayar Kompol. Rahmad Hidayat yang didampingi Kasat Lantas, AKP. Sahabuddin, SE.MH. (immank)

Senin, 08 April 2013

BUPATI: PEMERINTAH DAERAH DAN KARANG TARUNA HARUS BERKOMUNIKASI DENGAN BAIK

Rabu  pagi (3/4) Ketua dan pengurus Karang taruna Kabupaten Kepulauan Selayar Periode 2013 – 2018 resmi dilantik oleh Bupati kabupaten Kepulauan Selayar, H.Syahrir Wahab, MM, bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Kepulauan Selayar.
Acara pelantikan Karang Taruna yang dirangkaikan dengan Seminar Spektakuler "Quantum Parenting" ini turut dihadiri Wakil Bupati, Ketua DPRD, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kepulauan Selayar, Pengurus Karang Taruna Provinsi Sulawesi Selatan, Ketua dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK, para kepala SKPD serta undangan lainnya.
Bupati Kepulauan Selayar menyatakan, Karang Taruna harus menjadi mitra pemerintah daerah, dengan melaksanakan program kerja yang mendukung program pemerintah dan Visi Misi Kabupaten Kepulauan Selayar yang maju, sejahtera dan religius. Karang taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda, yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial oleh karena itu, kata Syahrir Wahab, dalam rapat kerja, harus betul – betul mengusung program dan kegiatan yang dapat meningkatkan sumber daya manusia serta pengabdian penuh kepada masyarakat.
Alfian Abdullah, Ketua Karang Taruna Profinsi Sulawesi Selatan, mengatakan Karang taruna berbeda dengan organisasi kepemudaan lain karena tidak hanya bergerak dalam bidang kepemudaan, tetapi juga bidang kesejahteraan sosial. Permasalahan seperti narkoba, kekerasan, pengangguran merupakan masalah yang biasa dihadapi kaum pemuda sehingga pemberdayaan dan pengembangan Karang taruna akan dimulai dari desa dan kelurahan.
Dalam kesempatan tersebut, Bupati Kepulauan Selayar juga menyampaikan kepada segenap pengurus dan ketua terpilih, agar senantiasa menjalin komunikasi yang baik dengan pemerintah. Dukungan secara moril, materil, sugesti, back up dan support akan mudah diberikan oleh pemerintah bilamana terjalin komunikasi yang baik selama proses kerjasama mewujudkan visi misi kabupaten kepulauan selayar antara pemerintah daerah dan karang taruna. (immank)




Sabtu, 06 April 2013

BUPATI BUKA SOSIALISASI PEMBERIAN GELAR TANDA JASA DAN TANDA KEHORMATAN

Pemberian gelar, tanda jasa, dan tanda kehormatan kepada warga negara yang bekerja penuh pengabdian, kesetiaan, kejujuran, kecakapan, dan disiplin tinggi memiliki arti penting untuk meningkatkan semangat kerja. Penghargaan tersebut harus dirasakan sebagai bagian dari system integral pembinaan pegawai negeri sipil. Hal ini disampaikan Bupati Kepulauan Selayar, H. Syahrir Wahab ketika membuka sosialisasi perundang-undangan tentang gelar, tanda jasa, dan tanda kehormatan yang digelar Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar bekerja sama dengan Sekretariat Militer Presiden di Ruang Pola Kantor Bupati, Kamis(4/4). Bupati menyambut positif dan mengapresiasi tinggi penyelenggaraan sosialisasi yang akan memberikan pemahaman kepada peserta mengenai syarat dan mekanisme pemberian penghargaan Negara juga berharap hal ini dapat memacu semangat motivasi dan dedikasi PNS dalam menjalankan tugas mewujudkan kinerja pemerintahan di Kabupaten Kepulauan Selayar yang berkualitas tinggi. Salah satu bukti keberhasilan pelaksanaan pemerintahan lanjut H. Syahrir Wahab, adalah adanya pengakuan dari pemerintah yang terartikulasi dalam bentuk penghargaan. Namun demikian, Bupati juga mengingatkan agar penghargaan tidak dilihat dari besar dan kuantitasnya, melainkan harus ditilik dari sejauhmana efeknya meningkatkan kualitas kinerja organisasi secara keseluruhan. Sosialisasi yang direncanakan berlangsung sehari tersebut menurut Kabid Diklat BKD, Ny. Siti Rahmaniar, SH diikuti sekitar 70-an peserta dengan pemateri Letkol Chk I Ni Wayan Sumiati dari Sekretariat Militer Presiden. Pembukaan sosialisasi yang berlangsung sekitar 30 menit tersebut, juga dihadiri Wakil Bupati Kepulauan Selayar, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), serta sejumlah pejabat eselon II lingkup Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar. ( Humas )BERITA LAINNYA :